Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 29 Juni 2012

Obat Herbal Alami Asam Urat

Sebelum membahas mengenai obat asam urat, terlebih dahulu kita berkenalan dengan penyakit ini. Apa itu penyakit asam urat? Penyebab asam urat? Gejala asam urat? Pantangan asam urat? Dan apa perbedaan asam urat dengan rematik? Simak artikel berikut.

Penyakit Asam Urat

Asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri

Berat Badan Ideal pada Masa Kehamilan

Saat sedang hamil, setiap wanita akan terlihat gemuk. Namun bagaimana jika wanita bertubuh gemuk hamil?

Ketika sudah tidak mengalami morning sickness sehingga bisa makan dengan lancar, berat badan akan mudah melonjak. Bagaimana jika kondisi ini terus bertambah tak terkendali sehingga memengaruhi janin. Bagaimana saya menjaga kenaikan BB saat hamil agar tetap seimbang?

Menjawab kondisi tersebut, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RSIA Hermina Jatinegara, dr Rino Bonti Tri Hadma Shanti, SpOG memberikan pemaparannya.

Kenaikan berat badan (BB) yang dianjurkan saat hamil bergantung dari berat badan Ibu sebelum hamil. Sayang Ibu tidak menyebutkan tinggi badan Ibu untuk mengetahui Indeks Massa Tubuh (IMT).

Lewat IMT, bisa diketahui berapa kenaikan BB ideal saat hamil, yaitu dengan rumus: IMT= BB (dalam kg)/Tinggi Badan (dalam m).

Seandainya IMT Ibu berkisar antara 25,0 29,9 maka Ibu termasuk dalam golongan BB berlebih. Untuk itu, total kenaikan berat badan sampai akhir kehamilan idealnya adalah 6,8 11,3 kg (Lihat tabel) atau kenaikan berat badan per bulan 1,2 kg saja.

Jaga pola makan


Perlu diingat bahwa anggapan bumil harus makan dua kali lipat dari porsi biasanya adalah keliru! Penambahan porsi makanan untuk bumil adalah 300 kalori dari saat tidak hamil. Misal, ibu biasanya makan sebanyak 1.800-2.000 kalori per hari. Setelah hamil menjadi 2.100-2.300 kalori. Jadi bukan dua kali lipat dari porsi biasa. Misalnya, satu gelas susu hamil mengandung 150 kalori, bila diminum dua kali sehari maka setara dengan 300 kalori.

Namun karena biasanya vitamin dari dokter sudah cukup, disarankan susu hamil yang juga mengandung tinggi vitamin dan zat besi- cukup diminum satu kali saja. Sisa kalori tambahan dapat diperoleh dari sumber lain seperti susu UHT, es krim, atau snack yang lain.

Agar lebih jelas mengetahui jumlah dan jenis makanan sesuai kalori yang dibutuhkan, konsultasikan dengan ahli gizi.

Jaga asupan makan bumil


Agar berat badan ibu tetap terkendali, sebaiknya kurangi makanan tinggi kolesterol seperti jeroan, gorengan, kuah santan, emping dan makanan berkolesterol tinggi lainnya serta makanan yang mengandung gula tinggi. 
Pilihlah makanan seimbang yang bergizi tinggi, rendah kolesterol atau lemak. Lakukanlah pola makan yang benar sesuai anjuran dokter kandungan atau ahli gizi.

Risiko berat badan berlebih


Kenaikan berat badan saat hamil penting untuk diperhatikan. Pasalnya kenaikan BB yang sangat berlebih saat hamil bisa menimbulkan beberapa risiko antara lain: janin menjadi terlalu besar sehingga memerlukan persalinan secara cesar, timbulnya preeklampsia serta diabetes mellitus gestasional (kencing manis dalam kehamilan).

Selain itu, Kenaikan berat badan berlebih dapat menyebabkan janin lebih besar dari normal dan terdapat kecenderungan untuk menjadi anak dengan berat badan berlebih juga. Hal ini tentu tak baik bagi anak sebab memiliki risiko penyakit seperti diabetes serta jantung. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga berat badan saat hamil.

Namun, bumil tidak diperbolehkan mengurangi asupan makanan dengan tujuan mengurangi berat badan. Yang diperlukan adalah mengatur kenaikan berat badannya.

Distribusi kenaikan berat badan


Kenaikan berat badan bumil tidaklah 100 persen dialokasikan pada berat badan bayi, namun didistribusikan sebagai berikut: BB bayi (3-4 kg), plasenta (ari-ari) 500-700 gr, peningkatan cairan tubuh (12 kg), pembesaran uterus (rahim): 1 kg, penumpukan lemak dan lain-lain (2-3 kg), pembesaran payudara (0,5-1 kg), dan air ketuban (1 kg).

Bumil, berapa kenaikan berat badan ideal Anda?


Rekomendasi terbaru untuk Berat Rata-rata dan Total Penambahan Berat Badan Selama Hamil.

Indeks Massa Tubuh (IMT)    IMT + (kg/m2)    Total Kenaikan    Kenaikan BB
Sebelum Hamil    WHO    BB Selama Hamil (kg)    Per bulan (kg)
          
BB Kurang (Underweight)    <18.5    12,7 - 18,1  2
BB Normal    18,5 - 24,9    11,3 - 15,9     2
BB Berlebih (Overweight)    25,0 - 29,9    6.8 - 11,3    1,2
Obesitas (Sangat Berlebih)  = 30,09    5 - 9,1   0,8

Sumber: Prepregnancy Body Mass Index - Institute of Medicine of the National Academies


Sumber: okezone.com

Bahaya dan Tips Memasang Behel

Behel atau kawat gigi saat ini sangat populer di Indonesia, terlebih di kalangan para remaja (pelajar) ibukota. Hal ini tak lepas dari gaya hidup yang "aneh". Saya katakan "aneh" karna memang cukup menggelitik. Bagaimana bisa behel yang fungsi utamanya untuk merapihkan susunan gigi bisa menjadi sebuah tren fashion. Parahnya katanya kalau tidak pasang behel / kawat gigi itu gak gaul. Lantas apa

Berat Badan Turun pada Masa Kehamilan

DI masa kehamilan, umumnya wanita akan mengalami penurunan berat badan. Apalagi di trimester pertama, hingga membuat bobot tubuh menyusut. Mengapa ini bisa terjadi?

Untuk mengetahui apa penyebab permasalahan tersebut, dr Yandi Jayaprana, SpOG dari RSIA Budi Kemuliaan memberikan penjelasannya.

Bisa jadi Anda mengalami hyperemesis gravidarum (HEG). HEG ditandai dengan mual dan muntah terus-menerus yang dihubungkan dengan ketosis (gangguan metabolik) dan kehilangan berat badan (kurang 5 persen berat badan sebelum hamil).

HEG bisa menyebabkan kekurangan cairan, elektrolit dan ketidakseimbangan asam basa, kekurangan gizi, bahkan kematian jika sangat parah.

Patofisiologi (gangguan fungsi tubuh) yang menjadi dasar HEG masih kontroversial. HEG muncul dari interaksi biologi kompleks, psikologis, dan faktor sosial kultur. Hyperemesis (muntah berlebihan) yang memburuk hingga dirawat di RS terjadi pada 0,3 2 persen kehamilan.

Di awal kehamilan pada bumil dengan penyakit-penyakit kronik juga dapat menyebabkan penyusutan tubuh, misalnya tuberculosis (TBC), penyakit imunologik yang menyerang sistem imun tubuh, seperti sindrom defisiensi imun dapatan (AIDS), rheumatoid arthritis, diabetes melitus tipe 1 dan lupus erythematosus. Bahkan adanya kanker.

Jika terus menyusut


Sepertinya cadangan gizi Anda saat hamil banyak 'dicuri' oleh janin. Agar moms tidak kekurangan nutrisi, tetaplah mengasup makanan dan minuman yang cukup baik dalam porsi maupun kandungan gizinya. Dengan demikian diharapkan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan akan baik sesuai dengan usia kehamilan.

Bumil juga sebaiknya mengetahui BMI (Body Mass Index) pada dirinya sehingga dapat di perkirakan berapa kenaikan berat badan selama hamil. Bumil yang sebelumnya kurus diperlukan penambahan berat badan lebih banyak daripada bumil yang sebelumnya berat badan cenderung obesitas.

Antenatal care


Di Indonesia, untuk kunjungan antenatal care dibuat pedoman, sampai 28 minggu 1 kali setiap bulan, 29-36 minggu kunjungan dilakukan 2 minggu sekali dan di atas 36 minggu setiap minggu sekali.

Kunjungan meliputi perawatan yang berhubungan dengan kondisi bumil secara umum dan sesuai usia kehamilannya, membantu mempersiapkan persalinan dan perawatan bayi  baru lahir. Jika ditemukan masalah yang memengaruhi keadaan kehamilan dan bayi dalam kandungan, maka jumlah kunjungan dan pemeriksaan ANC harus di tingkatkan.


Sumber: Mom&Kiddie

Ingin Hamil, Rajin Sikat Gigi Saja!

Anda dan suami tengah merencanakan kehamilan. Salah satu hal yang umum dilakukan ialah mengonsumsi makanan sehat dan suplemen mengandung vitamin, serta mineral. Kini, Anda dapat melakukan cara lain dengan rajin sikat gigi.

Sebuah klaim dari ahli kesuburan menyarankan bagi wanita yang ingin hamil harusnya mulai memerhatikan kesehatan gigi mereka. Ditambahkan ahli kesuburan University of Western Australia, penyakit dalam gusi secara signifikan menghambat proses kehamilan.

Dalam studi mereka, peneliti menemukan wanita yang memiliki penyakit di gusi membutuhkan waktu dua bulan lebih untuk hamil dibandingkan mereka yang memiliki gigi dan gusi yang sehat. Umumnya, dibutuhkan waktu hingga 7 bulan hingga si pemilik penyakit gusi tadi untuk hamil, sementara proses kehamilan wanita yang rajin menyikat dan membersihkan sela-sela gigi mereka hanya membutuhkan waktu lima bulan saja.

Penyakit gusi disebabkan oleh plak yang menumpuk. Penyakit yang mengakibatkan bau mulut dan gusi berdarah, jika tidak segera diatasi akan menyebabkan gigi berlubang, gusi mundur dan gigi terlepas. Gusi berdarah disebabkan kesalahan saat menyikat gigi sehingga 700 tipe bakteri dapat masuk ke dalam aliran darah. Demikian seperti dilansir Dailymail, Rabu (6/7/2011).

Kendati belum dijelaskan dengan detail mengenai kaitannya, tapi gusi yang terinfeksi dapat melepaskan kimiawi imflamasi yang mengaktifkan sistem imun tubuh dan membuat panas dinding rahim. Sehingga memengaruhi proses pembuahan pada telur yang subur.

Ditambahkan peneliti, pengaruh ini serupa dengan wanita yang kegemukan. "Untuk pertama kalinya, penyakit gusi dihubungkan dengan ketidakmampuan wanita untuk hamil. Maka wanita seharusnya memeriksakan diri mereka rutin ke dokter gigi sebelum memiliki anak. Umumnya penyakit gusi mudah disembuhkan," ucap peneliti.

Lebih dari seperempat wanita hamil memiliki penyakit gusi, dijelaskan peneliti. Buktinya terlihat dengan semakin banyaknya kasus kelahiran prematur, keguguran, dan bayi mati waktu dilahirkan.

Hasil penelitian tersebut dilakukan terhadap 4.000 wanita yang telah hamil 12 pekan dan 26 persen dari mereka mengaku memiliki penyakit gusi.


Sumber: Mom&Kiddie

Overweight Saat Hamil Rugikan Kesehatan Anak

Studi di Amerika menunjukkan, kelebihan berat badan saat kehamilan dapat berdampak buruk bagi kesehatan anak. Apa pasal?

Meski tidak terlihat sampai masa kanak-kanak, penelitian yang dilakukan oleh US Organisation March of Dimes menemukan, bahwa kelebihan berat badan pada saat kehamilan dapat memicu permasalahan kesehatan yang serius pada ibu dan dan bayinya. Demikian yang dilansir Femalefirst, Jumat (23/12/2011).

Bayi memiliki risiko mengalami kelebihan berat badan saat sang ibu mengalaminya. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko resistensi insulin, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi, yang berpotensi berkembang sebagai diabetes atau penyakit jantung.

Karenanya, Direktur March of Dimes, Alan R Fleischman mengatakan, dengan memiliki berat badan yang wajar dan sehat, calon ibu tidak hanya dapat menurunkan risiko kelahiran prematur dan cacat, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi bayi dalam perkembangannya.

Wanita hamil juga dianjurkan rutin mengecek kesehatan, guna mengidentifikasi masalah yang mungkin timbul selama kehamilan.


Sumber: Mom&Kiddie

Kamis, 28 Juni 2012

Persyaratan Air Bersih Sentra Makanan Jajanan

Standar Fasilitas Sanitasi Air Bersih pada Sentra Makanan Jajanan

Secara prinsip beberapa kegiatan yang harus dilakukan pada usaha pengawasan tempat pengelolaan makanan meliputi antara lain pengawasan sanitasi tempat pengolahan dan dan peralatan yang digunakan, pengawasan kebersihan, Kesehatan, cara pengolahan dan pelayanan serta pengawasan terhadap kualitas makanan dan minuman sebagai hasil akhir dari pengolahan yang siap dihidangkan.

Tempat pengelolaan makanan jajanan yang baik, berdasarkan aspek lokasi tempat usaha, harus berada pada lingkungan yang cukup jauh dari sumber pencemaran makanan seperti pembuangan sampah terbuka, tempat pengolahan limbah, rumah potong hewan, jalan yang ramai dan arus cukup tinggi. Untuk penjamah makanan harus memenuhi persyaratan yaitu harus sehat, bersih, berperilaku hidup sehat, dan tidak menderita penyakit menular. Makanan yang disajikan pada makanan jajanan dipilih dari bahan makanan mentah yang segar dalam keadaan baik mutunya dan tidak dalam keadaan rusak. Untuk bahan makanan olahan dalam kemasan yang diolah menjadi makanan jajanan harus bahan olahan yang terdaftar di depkes, tidak kadaluwarsa, tidak cacat dan, tidak rusak.

Sedangkan berdasar aspek fasilitas sarana sanitasi, khususnya air bersih, standar yang dipersyaratkan harus memperhatikan aspek sumber air bersih yang digunakan, prosedur pengambilan air berish, prosedur pengangkutan, tahap penyimpanan, serta tahap pemasakan air bersih.

Untuk memenuhi kebutuhan penyediaan air minum bagi usaha tempat-tempat umum yang paling baik kalau diambil dari penyediaan air minum kota (PDAM). Namun jika syarat ini belum bisa dipenuhi, sejauh sempurna dalam pengolahannya, bisa memanfaatkan air tanah, misalnya dengan membangun sumur. Persyaratan yang harus diperhatikan terkait hal ini meliputi aspek kecukupan dan kualitas air bersih. Kualitas air bersih harus memenuhi syarat Peraturan Menteri Kesehatan RI No.416/Menkes/Per/IX/1990.

Sedangkan tahap-tahap pemanfaatan air bersih yang harus diperhatikan antara lain :

Tahap pengambilan dari sarana air bersih :
Pengambilan air dari sarana air bersih ditentukan dari jenis sarana yang dimiliki. Hal ini berhubungan dengan alat pengambil yang dipakai, seperti timba untuk sumur gali, kran dengan selang air (untuk air perpipaan), pompa tangan, pompa listrik dan lain-lain. Penanganan terhadap peralatan pengambilan air yang dipakai sebagai berikut:
  • Timba;Timba yang pakai harus khusus (maksudnya hanya dipergunakan untuk menimba air saja) dengan perlengkapan tali yang selalu dijaga kebersihannya. Timba dan tali harus digantung setelah dipakai, jangan diletakkan dilantai.
  • Pompa tangan dan pompa listrik; Apabila menggunakan air untuk pancingan harus menggunakan air bersih. Sumur untuk pompa tangan harus dalam keadaan tertutup dan konstruksi yang sesuai dengan yang dipersyaratkan sehingga tidak memungkinkan terjadi pencemaran.
  • Kran air yang dilengkapi dengan slang; Slang diusahakan harus bersih dan dibebaskan dari sisasisa air bila telah selesai dipakai, untuk menghindari tumbuhnya lumut. Slang yang dipakai tidak boleh bocor dan hindarkan genangan air kotor dan lain-lain. Penyimpanan sebaiknya digulung dan digantung.
Tahap pengangkutan air.
Tempat air atau wadah yang digunakan untuk mengangkut air harus bersih dan mempunyai tutup. Penutup wadah air tidak boleh mempergunakan kain atau daun karena dapat mencemari air yang diangkut. Bila air diangkut dengan tangki air maka tangki air harus bersih dan dipakai khusus untuk mengangkut air.

Tahap penyimpanan air.
Wadah untuk tempat penampungan air bersih tertutup rapat dan sering dibersihkan secara rutin paling sedikit dua kali seminggu. Penempatan wadah penyimpanan air harus diletakkan sedemikian rupa sehingga tidak mempunyai risiko terhadap pencemaran.

Tahap pemasakan
Air sebaiknya dimasak menggunakan alat yang tidak mengandung bahan beracun dan berbahaya. Alat yang digunakan untuk memasak air tidak mudah berkarat.

Tahap penyimpanan air masak
Perlakuan terhadap air yang sudah dimasak harus lebih hatihati dibandingkan dengan air yang belum dimasak. Penyimpanan air masak biasanya pengawasannya berkurang, karena merasa bahwa air yang telah dimasak tidak mengandung bakteri atau cemaran lainnya. Persyaratan penyimpanan air masak adalah :
  1. Wadah atau tempat penyimpanan air harus selalu tertutup.
  2. Wadah atau tempat untuk menyimpan air harus selalu bersih
  3. Wadah atau tempat untuk menyimpan air harus diletakkan sedemikian rupa agar tidak mudah dicapai oleh serangga atau binatang lainnya.
Air bersih yang diperoleh dari sarana air bersih digunakan untuk berbagai kepentingan salah satunya untuk proses pengolahan makanan, pembersihan alat makan dan juga untuk kepentingan kebersihan yang lain. Air harus tersedia cukup untuk membersihkan bahan makanan dan alat makan dan air harus dalam keadaan mengalir. Air sangat erat hubungannya dengan makanan oleh karena air diperlukan dalam semua proses pengolahan makanan.

Pada tahap persiapan air digunakan untuk merendam, mencuci dan semua kegiatan membersihkan bahan makanan mentah. Pada tahap selanjutnya air digunakan untuk media penghantaran panas selama proses pemasakan, khususnya pada makanan yang diolah dengan teknik pengolahan panas, basah seperti merebus, mengukus, dan mengetim. Mengingat pentingnya peran air dalam pengolahan makanan maka air yang digunakan harus sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

Kita juga harus ingat bahwa air yang digunakanan untuk membersihkan bahan makanan dan alat makan tidak boleh mengandung bahan pencemar, karena air sangat erat hubungannya dengan makanan dan penularan penyakit melalui makanan.

Reference:
  • Permenkes RI 942/MENKES/SK/VII/2003 Tentang Pedoman Persyaratan Hygiene Sanitasi Makanan Jajanan.Prinsip-Prinsip Higiene Sanitasi Makanan. Ditjen PPM dan PLP Depkes. 1999
  • Modul Kursus Penyehatan Makanan bagi Pengusaha Makanan dan Minuman, Pencucian dan Penyimpanan Peralatan Pen golahan Makanan. Depkes RI. 2001
  • Kumpulan Modul Kursus Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman. Ditjen PPM dan PLP Depkes RI.  2006

Rabu, 27 Juni 2012

Tips Sehat Saat Lembur / Begadang

Pekerjaan yang terlalu banyak dan deadline yang terlalu singkat kadang membuat orang harus bekerja lebih ekstra. Hal ini sering disiasati dengan menambah jam untuk bekerja, alias lembur.

Bekerja lembur / begadang hingga tengah malam seringkali membuat tubuh tidak fit dan gampang sakit. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan agar kondisi tubuh tetap bugar meski kurang tidur di malam hari?

Selasa, 26 Juni 2012

10 Langkah Guna Menurunkan Kolesterol

Jutaan orang memiliki masalah kolesterol tinggi (di atas 200 mg/dL). Penyakit yang dapat menyumbat arteri, serangan jantung, serta stroke akan mampu dikendalikan lewat beberapa strategi. Kolesterol akan terus menjadi ancaman bila Anda tidak segera melakukan tindakan pengendaliannya.

Beberapa di antara pilihan menurunkan kolesterol, sebagian lebih baik daripada yang lain, beberapa lebih mudah, dan sebagian lainnya lebih murah. Berikut ini di antaranya, seperti dikutip dari Yahoo.

Statin

Keunggulan: Statin termasuk obat-obatan seperti Lipitor, Zocor, dan Crestor (semua nama yang disebut ini adalah generik statin), bisa menurunkan kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein/LDL) yang telah 50 persen melebihi batas normal.

"Dari seluruh daftar nama obat terbaik, statin merupakan obat ajaib," kata Thomas Pearson dari Universitas Rochester di New York.

Kelemahan: Efek samping bisa serius, termasuk peradangan otot dan enzim hati meningkat. Biaya juga masalah, meskipun beberapa statin tersedia dalam bentuk generik, termasuk Lipitor, yang akan tersedia pada akhir 2011.

Diet rendah lemak

Kelebihan: Memilih makanan sehat seperti ikan dan sayuran lebih banyak daripada daging merah dan kentang goreng adalah relatif mudah. Cara ini diperkirakan bisa menurunkan kolesterol hingga 20 persen. Masyarakat dengan diet rendah lemak, seperti Jepang, memiliki tingkat rendah terhadap serangan jantung dan stroke.

Kelemahan: Sama seperti olahraga, diet rendah lemak membutuhkan usaha lebih besar karena kadang terasa berat untuk mengonsumsinya secara konsisten.

Serat fibrate

Kelebihan: Obat ini termasuk fenofibrate (Tricor dan nama merek lain) dan gemfibrozil (Lopid) dapat menurunkan trigliserida sebesar 25-50 persen dan meningkatkan kolesterol baik (High Density Lipoprotein/HDL) 10-35 persen.

Kelemahan: Obat ini tidak berbuat banyak dalam hal menurunkan kolesterol jahat, meskipun fibrate baru umumnya lebih baik daripada Lopid. Efek samping termasuk sakit kepala, buang-buang gas, dan sakit perut.

Sequestrant Asam empedu (Bile Acid Sequestrant)

Kelebihan: Obat-obatan seperti Questran (cholestyramine), Welchol (colesevelam), dan Colestid (colestipol) "menipu" tubuh dalam memproduksi empedu ekstra, yang menurunkan kolesterol kolesterol jahat 15-20 persen.

Kekurangan: Efek samping bisa termasuk sembelit, sakit perut, dan mual. Ini dapat mengikat obat lain, seperti kortikosteroid dan beberapa obat tekanan darah, membuatnya kurang efektif kecuali jika Anda meminumnya tiga jam sekali secara terpisah.

Makanan berserat

Kelebihan: Makanan berserat dapat ditemukan dalam kacang-kacangan, buah-buahan, dan makanan pengikat kolesterol, yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol sekira 5 persen.

"Makanan berserat bagus untuk mengisi perut Anda agar tidak kehilangan kalori dan perut kosong. Makanan ini juga bisa disebut sebagai makanan tambahan sederhana untuk terapeutik rejimen. Serta murah dan mudah," tambah Dr Pearson.

Kelemahan: Meskipun mudah didapat dan murah, makanan berserat jarang dikonsumsi kebanyakan orang. Padahal, para ahli merekomendasikan 25-35 gram serat per hari, namun kebanyakan orang dewasa hanya mendapatkan sekira 12 gram.

Niacin

Keunggulan: Niasin adalah vitamin B yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein/LDL) dan trigliserida, lemak yang bisa berbahaya pada tingkat tinggi. Ini juga meningkatkan kolesterol baik (High Density Lipoprotein/HDL). Muncul dalam tablet yang dikonsumsi dua atau tiga kali sehari, atau dalam formula yang lebih besar, hanya perlu dikonsumsi sekali sehari.

Kelemahan: Niasin harus diberikan hanya di bawah pengawasan dokter karena dosis tinggi untuk menurunkan kolesterol justru dapat meningkatkan risiko masalah gout dan hati. Orang dengan diabetes tipe 2 perlu berhati-hati karena obat ini dapat meningkatkan gula darah.

Zetia (ezetimibe)

Kelebihan: Obat ini dapat mencegah penyerapan kolesterol di usus. Obat dapat menghasilkan sekira 20 persen pengurangan kolesterol dan dapat diambil dalam kombinasi dengan statin, yang tidak baik untuk obat lainnya.

Kelemahan: Zetia tidak sekuat statin dan tidak tersedia dalam bentuk generik.

Olahraga

Kelebihan: Olahraga adalah cara terbaik untuk meningkatkan kolesterol baik. Orang yang mengalami serangan jantung dapat mengurangi risiko kematian 25 persen dengan berolahraga dibandingkan dengan perawatan biasa.

Kekurangan: olahraga membutuhkan usaha lebih daripada sekadar minum pil.

Red Yeast Rice

Kelebihan: Suplemen makanan ini berasal dari jamur yang tumbuh di beras dan mengandung sejumlah kecil lovastatin (Mevacor). Makanan ini dapat efektif pada orang yang tidak dapat mengonsumsi statin.

Kekurangan: Suplemen diet yang tidak diatur secara ketat di Amerika Serikat, tidak seperti obat diet sehingga memicu kebingungan tentang konsentrasi yang terkandung di dalamnya secara tepat serta berapa dosis yang baiknya dikonsumsi.

Lovaza

Kelebihan: Makan ikan baik untuk jantung. Resep ini memberikan asam lemak omega-3, asam lemak sehat yang ditemukan dalam ikan dan minyak ikan dalam dosis terkonsentrasi. Ini dapat membantu menurunkan trigliserida pada orang dengan tingkat yang sangat tinggi.

Kelemahan: Efek samping bisa termasuk sendawa, infeksi, gejala seperti flu, sakit perut, dan berkurangnya kemampuan mengecap rasa. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum mengambil Lovaza jika Anda memiliki alergi ikan atau sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui.


Label: Kolesterol dan Makanan, Kolesterol dan Olah Raga, Kolesterol dan Stroke, Pengobatan Alternatif Lain
Sumber: okezone.com

11 Kiat Cegah Kanker

Banyak cara untuk menghindarkan diri dari penyakit kanker. Selain pola makan sehat, aktivitas fisik dan kontrol rutin ke dokter juga menjadi kuncinya.

Berikut 11 di antaranya:

1. Makan sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian seperti tempe, tahu, dan makanan yang banyak mengandung serat. Paling tidak, satu atau dua kali sehari mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan.

2. Hindari berat badan berlebihan atau kegemukan. Timbanglah berat badan sekali seminggu. Penelitian menunjukkan, akibat kegemukan, risiko terjadinya kanker lebih besar, khususnya kanker payudara, rahim, usus besar, lambung, ginjal, serta kandung empedu.

3. Kurangi terlalu banyak makan gorengan dan yang mengandung protein dan lemak tinggi serta jeroan.

4. Batasi makanan yang diolah dengan suhu tinggi dan lama atau dengan pengolahan tertentu yang dapat menimbulkan prokarsinogen, seperti makanan yang diasinkan, diasap, dibakar, dan dipanggang sampai keluar arang. Yang terbaik adalah makanan yang direbus.

5. Hati-hati dengan penggunaan pemanis buatan, pewarna makanan, serta zat pengawet yang berlebihan. Makanan terbaik adalah makanan segar.

6. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan C. Makanan yang mengandung vitamin A dan C banyak terdapat dalam sayuran dan buah-buahan seperti jeruk, pisang, mangga, pepaya, tomat, dan brokoli yang dapat melindungi Anda dari kanker oesofagus, laring, lambung,dan paru.

7. Perbanyak konsumsi sayuran kubis. Sayuran yang termasuk dalam kubis misalnya kol, brokoli, bunga kol, pok coy, dan kale ini dapat melindungi dari kanker lambung, kolesterol, dan kanker saluran napas. Jaga kebersihan makanan, beraneka ragam, dan bebas dari zat cemaran lingkungan.

8. Berhenti merokok dan minum minuman beralkohol. Bagi Anda yang perokok, entah itu sigaret, keretek, atau cerutu, berhenti sekarang juga. Merokok merupakan sebab utama terjadinya kanker paru-paru. Jauhkan anak-anak Anda dan ibu-ibu hamil dari asap rokok karena sangat berbahaya bagi bayi yang dikandung. Sementara mengonsumsi minuman beralkohol meningkatkan risiko terserang kanker mulut, tenggorokan, dan laring.

9. Kegiatan fisik dengan olahraga secara teratur disertai kesehatan mental dan rohani merupakan bagian terpadu dalam upaya pencegahan penyakit kanker.

10. Hindari sinar matahari. Lindungilah kulit Anda dengan memakai krim tabir surya.Sinar matahari yang berlebihan akan menyebabkan kerusakan pada kulit dan kanker kulit.

11. Periksakan diri secara teratur. Usahakan untuk selalu memeriksakan diri secara teratur sebagai langkah awal mendeteksi penyakit sedini mungkin.


Sumber: okezone.com

4 Terapi Obati Kanker Kolorektal (Kanker Usus Besar)

Dengan pola makan yang baik, yaitu mengonsumsi makanan tinggi serat dan tinggi protein, mengurangi konsumsi daging merah dan lemak jenuh yang berasal dari hewani. Anda bisa memperkecil risiko terjangkit kanker kolorektal.

Melakukan olahraga secara rutin, dan menggunakan obat-obat chemoprevention seperti Aspirin dan golongan obat-obat anti-inflamasi non-steroid, juga merupakan langkah pencegahan kanker kolorektal.

Seperti telah diberitakan okezone sebelumnya, kanker kolorektal adalah kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon) atau rektum. Kebanyakan kanker usus besar berawal dari pertumbuhan sel yang tidak ganas atau disebut adenoma, yang pada awalnya membentuk polip.

Polip dapat diangkat dengan mudah namun sering kali adenoma tidak menampakkan gejala apapun, sehingga tidak terdeteksi dalam waktu yang relatif lama dan pada kondisi tertentu berpotensi menjadi kanker yang dapat terjadi pada semua bagian dari usus besar.

Kanker kolorektal ini dapat menyebar keluar jaringan usus besar dan ke bagian tubuh lainnya. Dan di Indonesia sendiri, kini kanker kolorektal mengalami peningkatan yang cukup pesat.

Perdarahan pada usus besar, ditandai dengan ditemukannya darah pada feses saat buang air besar, dan perubahan kebiasaan buang air besar meliputi frekuensi dan konsistensi buang air besar (diare atau sembelit) tanpa sebab yang jelas -berlangsung lebih dari enam pekan- merupakan gejala Anda terjangkit kanker kolorektal.

Gejala kanker kolorektal lainnya juga bisa Anda deteksi sendiri. Bila Anda mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, sering merasa sakit di perut atau bagian belakang, dan perut masih terasa penuh meskipun sudah buang air besar, bisa jadi Anda positif terjangkit kanker kolorektal.

Bila sudah melakukan pemeriksaan ke dokter, dan hasilnya memang positif. Ada beberapa pilihan terapi untuk mengobati kanker kolorektal. Apa saja?  Berikut ini DR dr Aru Wisaksono Sudono SpPD KHOM, ahli kanker terkemuka di Indonesia memaparkannya untuk Anda.

Pembedahan atau operasi
Tindakan ini paling umum dilakukan untuk jenis kanker yang terlokalisir dan dapat diobati.

Radioterapi atau radiasi
Tergantung pada letak atau posisi dan ukuran tumor, radioterapi hanya digunakan untuk tumor pada rektum, sehingga mempermudah pengambilannya saat operasi. Radioterapi juga bisa diberikan setelah pembedahan untuk membersihkan sel kanker yang mungkin masih tersisa.

Kemoterapi
Kemoterapi menghancurkan sel kanker dengan cara merusak kemampuan sel kanker untuk berkembang biak. Pada beberapa kasus kemoterapi diperlukan untuk memastikan kanker telah hilang dan tak akan muncul lagi. Salah satu pilihan kemoterapi yang banyak digunakan adalah Capecitabine (Xeloda), kemoterapi berbentuk tablet yang pertama di dunia.

Capecitabine adalah tablet yang bekerja menyerang sel kanker saja tanpa menimbulkan ketidaknyamanan dan bahaya seperti pada kemoterapi infus konvensional.

Kenapa harus dilakukan kemoterapi?
"Sel kanker tidak bisa mati pada waktunya, mendesak sel-sel sehat, lepas kendali dalam pertumbuhan. Operasi tidak bisa menjamin 1 sel yang ketinggalan, dan tidak terambil. Tidak pernah ada penelitian bersih 100 persen," ujar dr Aru yang menjabat sebagai Ketua Umum Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia dalam acara media workshop Kanker Kolorektal yang diadakan oleh Yayasan Kanker Indonesia di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Terapi Fokus Sasaran (Targeted Therapy)
Salah satu jenis terapi fokus sasaran adalah antibodi monoklonal. Antibodi ada dalam tubuh kita sebagai bagian dari sistem pertahanan tubuh yang disebut sistem kekebalan (sistem imun) yang berfungsi melawan penyebab penyakit seperti bakteri.

Antibodi monoklonal dapat bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh alamiah untuk secara khusus menyerang sel kanker. Terapi ini dapat digunakan secara tunggal, atau kombinasi dengan kemoterapi. Salah satu terapi antibodi monoklonal adalah Bevacizumab (dipasarkan dengan nama Avastin) yang bekerja dengan ara menghambat pasokan darah ke tumor sehingga menghambat pertumbuhan tumor, memperkecil ukuran tumor, dan mematikannya..

Sumber: okezone.com

3 Cara dalam Mengendalikan Kolesterol

Selain diet dan berolahraga dengan benar, kepatuhan dan kedisiplinan untuk peduli dengan kolesterol adalah kunci keberhasilan mengendalikan kolesterol.

Berikut ini tiga hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat, sebagaimana diulas Pfizer.

Pemeriksaan berkala
Untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah sebaiknya pemeriksaan di laboraturium dilakukan secara berkala. Minimal setiap enam bulan sekali. Untuk pasien dengan risiko tinggi, pemeriksaan kolesterol sebaiknya dilakukan setiap tiga bulan. Adapun kadar normal untuk kolesterol adalah sebagai berikut; HDL > 40mg/dl, Trigliserida < 150mg/dl, kolesterol total < 200mg/dl.

Konsultasi dengan dokter
Masyarakat harus menjadwalkan waktu untuk berkonsultasi dengan dokter secara rutin, agar kolesterol dapat dikontrol secara optimal.

Minum obat secara teratur
Apabila dalam 3 sampai 6 bulan setelah melakukan diet dan olahraga kadar kolesterol terus naik, mengonsumsi obat penurun kolesterol dengan teratur adalah cara yang baik dalam menghindari risiko terkena penyakit jantung koroner dan stroke. Pemilihan obat yang dikonsumsi adalah atas rekomendasi dokter. Faktor keamanan dan bukti klinis suatu obat juga harus menjadi bahan pertimbangan jika obat tersebut akan dikonsumsi untuk jangka panjang.

Sumber: okezone.com

Senin, 25 Juni 2012

Inilah 6 Ciri Wanita Subur

Keberadaan bayi adalah hal yang paling membahagiakan dalam sebuah rumah tangga. Tidak semua pasangan dapat memiliki momongan dengan segera. Tak sedikit di antaranya memiliki masalah kesuburan yang baru diketahui setelah menikah.

Pada wanita yang usianya belum sampai 34 tahun, maka secara normal kemungkinan kesuburannya adalah 90%. Dengan catatan, bukan pengguna obat terlarang atau peminum

Sabtu, 23 Juni 2012

Inilah Daftar Makanan Pembersih Gigi dan Mulut

Menjaga kebersihan mulut penting untuk Kesehatan secara menyeluruh. Menyikat gigi dan memainkan benang gigi saja kadang tak cukup. Demi hasil maksimal, cobalah mengkonsumsi produk makanan yang memiliki efek pembersih gigi alami.
"Makanan-makanan itu tak hanya baik untuk Kesehatan dan kebersihan gigi, tapi juga mulut. Dan kita tahu, kebersihan mulut mempengaruhi Kesehatan secara keseluruhan,"

Jumat, 22 Juni 2012

Inilah Cara Saya Menghilangkan Ketombe Yang Membandel

Ketombe. Entah makhluk macam apa dia. Yang jelas ketombe membuat rambut menjadi sangat-sangat gatal, kulit kepala rusak, dan rambut menjadi rontok. Itulah beberapa efek yang saya rasakan selama beberapa tahun saat mengalami masalah ketombe. Tapi itu dulu, sekarang ketombe yang super bandel itu telah hilang dari kepala saya. Bagaimana caranya? Yuk simak cara menghilangkan ketombe ala Blog Tips

Hal-hal yang Menyebabkan Keriput

Hal-hal yang menyebabkan keriputKeriput, setiap orang pasti akan mengalami kulit yang keriput karena keriput itu adalah suatu hal yang wajar bagi manusia karena keriput itu adalah tanda kulit kita ini mulai tua.  Masa ini mungkin masa yang kita takutkan, karena wajah kita ini menjadi kendur dan tidak kencang lagi. Apalagi bagi wanita,mereka berbondong-bondong mencari cara biar tidak keriput. Mulai dari cara tradisional sampai cara cangih yang memerlukan dana yang banyak yaitu operasi.
Operasi itu bisa dilakukan bagi mereka yang mempunyai uang yang banyak, tapi bagi mereka yang tidak mempunyai uang untuk melakukan operasi itu jangan merasa minder. Dibawah ini ada beberapa hal  yang dapat berpotensi menimbulkan keriput bagi kulit Anda.

      1. Kekurangan air putih ditubuh anda

Air putih tentunya sangat menyehatkan bagi kesehatan tubuh kita. Tak hanya tubuh, bagi kulit pun air mempunyai khasiat yang sangat bermanfaat. Kurangnya minum air putih, dapat mengakibatkan tubuh menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit.

Untuk memaksimalkan pencegahan keriput, dianjurkan untuk minum air putih 8 – 10 gelas sehari.

      2. Kekurangan vitamin bagi kulit

Kurangnya asupan vitamin dalam tubuh Anda dapat menimbulkan keriput. Jika Anda tidak menyukai buah dan sayuran, coba pikirkan kembali. Buah dan sayuran, seperti raspberry, blueberry, paprika merah dan bayam mengandung antioksidan yang dapat memungkinkan kulit Anda untuk lebih terjaga dari rentan kekeriputan. Peran antioksidan sangat mempengaruhi perbaikan hormon dalam kulit Anda. Sehingga dengan mengonsumsi buah dan sayuran, juga makanan kaya akan vitamin C dan E, dapat mengembalikan cahaya dan kekencangan kulit Anda.

      3. Kurangnya komponen kolagen

Kolagen adalah komponen utama lapisan kulit dermis (bagian bawah epidermis) yang dibuat oleh sel fibroblast. Bilamana produksi kolagen menurun seiring dengan bertambahnya usia, dampak yang ditimbulkan adalah meningkatnya proses “kulit kering” serta sifat elastisitasnya, sehingga kulit menjadi kendur. Oleh karena itu disarankan bagi Anda untuk menggunakan serum kolagen. Serum ini berasal dari kolagen hewan dan tumbuhan yang mengandung asam amino yang berfungsi untuk menambah nutrisi pada kulit. Sehingga kulit akan terasa kencang dan lembut.

      4. Posisi tidur kurang tepat

Di usia Anda kini, jaringan kolagen yang terdapat pada kulit sudah tidak kuat dan kencang seperti saat remaja. Hal ini menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif. Posisi tidur miring membuat kulit bersentuhan dengan bantal yang Anda pakai. Sehingga, tanpa Anda sadari kulit Anda telah membentuk garis-garis pada bagian itu. Menurut Neil Sadick, MD, profesor dermatologi klinis di New York City, kulit di usia senja dapat berubah bentuk dengan mudahnya, berbeda dengan kulit di saat remaja. Sehingga, dianjurkan bagi Anda untuk mengubah posisi tidur miring, menjadi terlentang. Pada saat Anda tidur terlentang, selain baik bagi peredaran darah di wajah Anda, juga bagus bagi struktur kekencangan kulit Anda

      5. cara melihat Anda

Seperti sebelumnya, bahwa di usia yang tak lagi remaja, kulit cenderung sensitif. Mungkin Anda tidak pernah menduga, bahwa cara Anda melihat pun dapat mempengaruhi timbulnya keriput. Dikatakan oleh Dr. Hirsch, saat Anda melihat dengan memicingkan mata, atau mengerutkan dahi, di saat inilah akan timbul garis-garis pada daerah sekitar dahi Anda. Sehingga, jika Anda mempunyai masalah pada penglihatan Anda, ada baiknya untuk segera diperiksakan. Jangan sampai buruknya penglihatan Anda berdampak pada kulit halus Anda.

      6. Garis keturunan

Keriput bukan hanya sebuah proses penuaan semata. Banyak di antara beberapa orang, mengalami keriput bahkan ketika mereka belum memasuki masa tua. Hal ini yang membuat Alex A. Khadavi MD sebagai pakar kulit di LA menyimpulkan, bahwa faktor genetik juga berpengaruh dalam pengeriputan kulit. Ada baiknya sesekali Anda mengamati kulit dari orang tua atau kakek nenek Anda. Dari sanalah dapat Anda bandingkan, di usia berapakah keriput mulai timbul pada mereka. Sehingga Anda dapat memprediksi kapan hal itu juga akan terjadi pada Anda. Namun, untuk meminimalis timbulnya keriput pada kulit Anda, dengan teratur gunakan tabir surya yang mengandung zinc atau titanium oksida. Setidaknya hal ini akan menunda proses kekeriputan pada kulit Anda.

      7. Ekspresi wajah yang terlalu ekspresif

Terlepas dari umur atau genetika, ekspresi Anda pada wajah, juga sangat mempengaruhi timbulnya keriput. Jika Anda cenderung untuk menggunakan banyak ekspresi wajah, seperti mengerutkan kening, tertawa lebar atau mengangkat otot-otot dahi dengan heran,kulit wajah cenderung membentuk garis-garis yang telah ditimbulkan akibat ekspresi wajah Anda. Perawatan yang sering menjadi alternatif dalam hal ini adalah, Botox, Restylane atau Juvederm.

Kamis, 21 Juni 2012

Hilangkan Jerawat Dengan Mengonsumsi Sayuran

Hilangkan jerawat dengan mengonsumsi sayuranSayuran itu sangat penting untuk kesehatan tubuh kita , karena sayuran itu mengandung beberapa gizi dan vitamin. Apalagi bagi anda yang suka dengan sayuran pasti tidak mudah diserang penyakit dan membuat tubuh anda menjadi sehat. Orang yang tidak suka memgonsumsi sayuran pasti akan mudah terserah penyakit dan menjadi sangat lemah. Disamping untuk kesehatan kita ternyata sayuran itu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan menjaga anda dari serangan jerawat.

Jerawat itu hal yang biasa dan sering berhubungan dengan anda-anda yang sedang mengalami puber. Biasanya jerawat itu tumbuh pada wajah anda yang sangat merusak kepercayaan diri anda.seandainya ada mau rutin mengonsumsi sayuran ini secara rutin maka ada akan terhindari dari jerawat. Karena sayuran itu terkenal dengan obat mujaraf untuk menghilangkan jerawat.
Beberapa sayuran yang sangat ampuh menghilangkan jerawat:

1. Wortel

Wortel kaya akan kandungan vitamin A yg tidak hanya baik tuk mata tapi juga kulit. Masker wortel bisa meredakan peradangan pada jerawat sekaligus menghilangkannya.
Tuk membuatnya ramuan obat jerawat alami ini, siapkan 2-3 buah wortel dan 3-4 sendok teh madu. Rebus wortel hingga matang, angkat, tunggu sampai dingin. Lalu hancurkan menggunakan garpu hingga halus. Tuangkan madu perlahan-lahan sambil diaduk hingga membentuk seperti pasta. Tempelkan masker ke seluruh wajah, diamkan lebih kurang 15-20 menit, kemudian bilas dgn air hangat

2. Bawang Putih

Bawang putih sangat berguna untuk menghancurkan bakteri merugikan yang ada di pori-pori kulit kita. Selain itu bawang putih juga sangat efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan temasuk kulit salah satunya. Sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.

3. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh mengandung kalium oksalat, flavonoid, pektin, tanin, asam galat, dan asam ferulat. Untuk menyingkirkan jerawat, ambil 5 buah belimbing wuluh, cuci bersih lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu, remas dengan air garam seperlunya. Gosokkan ke bagian kulit yang berjerawat. Lakukan tiga kali sehari.

4. Mentimun

Mentimun, di samping memang banyak mengandung air, juga mengandung vitamin A, B1 dan C serta beberapa zat, seperti saponin, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, dan belerang.
Untuk menghilangkan jerawat, pilih mentimun yang masih muda. Cuci bersih, kemudian iris tipis-tipis. Letakkan irisan mentimun tersebut diatas kulit yang berjerawat atau bisa juga dengan gosokkan irisan mentimun tadi ke kulit yang berjerawat.

<a href="http://toko-alkes.com">cara</a> Menghilangkan Bulu Ketiak

cara+menghilangkan+bulu+ketiak.jpg" imageanchor="1" style="clear: left; float: left; margin-bottom: 1em; margin-right: 1em;">cara+menghilangkan+bulu+ketiak.jpg" width="200" />
cara menghilangkan bulu ketiakBulu ketiak identik dengan cowok , tetapi jangan heran kalau cewek itu sebenernya mempunyai yang namanya bulu ketiak. Semua orang itu memeliki bulu ketiak. Bulu ketiak mulai tumbuh biasanya masa remaja sekitar 17 tahun ke atas. Bulu ketiak itu terdapat dua jenis yaitu bulu yang lebat dan bulu tipis, biasanya yang bulu lebat itu ada pada kaum laki-laki. Tetapi tidak menutup kemungkinan cewek juga ada yang mempunyai bulu ketiak yang lebat.

Kaum wanita biasanya lebih rajin dalam menghilangkan bulu ketiak dibandingkan dengan kaum laki-laki, malah biasanya laki-laki jangan yang namanya memperhatikan bulu ketiak mereka. Kebanyakan laki-laki tidak mau repot dengan bulu ketiak, malah ada yang bilang bulu ketiak itu membuat laki-laki terlihat macho dan keren. Sebaliknya dengan wanita seandainya wanita selalu rajin menghilangkan bulu ketiaknya, karena jika tidak dibersihkan atau dihilangkan membuat mereka jadi kurang percaya diri. Seandainya saja ada wanita cantik,putih bersih dan mulus tetapi memiliki bulu ketiak , pasti kita merasa gimana gitu,apa lagi dengan bau yang menyengat. cara-alami-menghilangkan-bau-ketiak.html" target="_blank">Menghilangkan bau ketiak itu mudah.

Pada umunnya ada beberapa cara untuk menghilangkan bulu ketiak mulai dari alami maupun secara modern , dibawah ini ada berapa cara menghilangkan bulu ketiak:

1. Mencukur

Ini adalah cara yang paling mudah dan murah untuk menyingkirkan rambut ketiak Anda. Kerugian utamanya adalah efeknya relatif berjangka pendek. Bahkan, rambut akan mulai tumbuh kembali keesokan harinya sehingga Anda harus sering mencukur ulang beberapa hari sekali. Selain itu, bila Anda tidak melakukan dengan benar, mencukur dapat menyebabkan ketiak berwarna hitam. Untuk menghindarinya, berikut adalah beberapa tips mencukur yang baik:

1. Oleskan krim atau busa pencukur di ketiak sebelum mencukur. Anda juga dapat   menggunakan sampo rambut bila tidak punya.
2. Pastikan Anda menggunakan pisau cukur yang tajam. Hal ini penting karena penggunaan pisau tumpul dapat melukai kulit oleh mata pisau yang tidak rata.
3. Selalu mencukur searah dengan pertumbuhan rambut.
4. Jangan terburu-buru agar Anda tidak tanpa sengaja melukai kulit ketiak Anda.
5. Oleskan pelembab kulit setelah selesai bercukur.

2. Waxing/Sugaring

Waxing/sugaring adalah metode yang bagus untuk menghilangkan rambut ketiak. Anda bisa melakukan waxing/sugaring sendiri di rumah atau meminta profesional kulit/kecantikan untuk melakukannya. Keuntungan dari waxing/sugaring adalah biayanya relatif terjangkau dan memberikan hasil lebih tahan lama daripada mencukur. Kerugiannya adalah beberapa orang merasa teknik ini sulit untuk diterapkan dan takut mengalami rasa sakit. Hal ini tidak terjadi jika waxing/sugaring dilakukan dengan benar.

3. Menggunakan Krim penghilang rambut

Krim untuk menghilangkan rambut bisa dibeli di toko- toko obat. Keuntungan menggunakan krim adalah kemudahan penggunaannya dan dalam beberapa minggu ketiak Anda bebas rambut. Kerugiannya, bila kulit ketiak Anda sensitif maka krim ini dapat menyebabkan iritasi kulit yang tidak nyaman. Bila menggunakan krim ini, selalu ikuti petunjuk pemakaiannya, dan jika ragu-ragu cobalah oleskan sedikit krim pada kulit yang kurang sensitif terlebih dahulu. Setelah menggunakan krim ini, gunakanlah krim pelembab karena beberapa bahan kimia yang digunakan dalam krim penghilang rambut bisa membuat kulit menjadi kasar.

4. Elektrolisis

Teknik ini relatif baru dan merupakan satu-satunya metode yang benar-benar dapat menghilangkan bulu ketiak secara permanen. Dalam teknik ini, folikel rambut dialiri arus listrik kecil untuk membunuh sel-selnya. Jika Anda tertarik pada perawatan ini, sebaiknya Anda mengunjungi profesional yang kompeten melakukannya. 

Rabu, 20 Juni 2012

8 Cara Tepat Latihan Membentuk Perut Six Pack

Dua tahun yang lalu Blog Tips Kesehatan pernah memposting artikel "Tips Membentuk Badan SixPack, Tanpa Harus ke GYM". Pada artikel kali ini saya akan kembali membahas tentang topik "Six Pack", dengan judul "8 Cara Tepat Latihan Membentuk Perut Six Pack".
Untuk mendapatkan perut six pack dalam waktu singkat, Anda perlu fokus pada latihan seluruh tubuh Anda. Anda harus mengurangi lemak tubuh

Gejala - Gejala Penyakit Lupus

Setelah pada artikel sebelumnya di jelaskan mengenai penyakit lupus dan penyebab penyakit lupus. Artikel kali ini akan di bahas mengenai gejala-gejala apa saja yang sering timbul pada penderita lupus. Ciri-ciri ini bisa menjadi pedoman anda untuk pengobatan. Adapun gejala-gejala penyakit lupus yang umumnya terjadi diantaranya:Kulit yang mudah gosong akibat sinar matahari serta timbulnya gangguan

Selasa, 19 Juni 2012

Mengenal Penyakit Lupus

Mendengar kata LUPUS mungkin anda teringat dengan sebuah serial novel dan sinetron tahun 90an. Tapi Lupus disini adalah sebuah penyakit yang cukup mengerikan. Kata lupus sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti Anjing Hutan. Istilah ini mulai dikenal sekitar satu abad yang lalu.
Awalnya, penderita penyakit ini dikira mempunyai kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi.

Sabtu, 16 Juni 2012

Diet yang Bagus Ternyata Tidur



Diet yang bagus ternyata tidur - setiap kaum wanita pasti menginginkan badan yang ideal dan proporsional. Masalah yang sering muncul pada wanita adalah badan yang gemuk dan tidak ideal.  Banyak cara yang dilakukan para wanita untuk mendapatkan badan yang ideal dan langsing dengan beberapa cara memulai dengan cara alami maupun dengan cara instan. cara yang alami ini yang sangat dianjurkan dan tidak ada efek sampingnya.

Mungkin banyak orang tidak mengetahui cara diet yang alami dan tidak menyiksa tubuh anda. Menurut penelitian tidur yang cukup menurunkan berat badan. Dengan penelitian itu maka banyak orang yang mengabaikan yang namanya tidur. Dikutip dari Bold Sky, seseorang yang kurang tidur dapat mengalami berbagai macam penyakit, misalnya depresi, penyakit jantung dan diabetes. Namun, Ilmu Kedokteran telah membuktikan bahwa jika Anda tidur dengan baik akan memicu penurunan berat badan dan menjaga tubuh Anda tetap bugar.

Tidur itu mempengaruhi hormon dalam tubuh dan  membuat nafsu makan jadi berkurang. Maka bagi anda yang mengingginkan diet secara alami, mudah, dan tidak memerlukan biaya yang banyak untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan langsing.
Berikut ini adalah bukti bahwa tidur dapar menurunkan berat badan.

1. Mengontrol Nafsu Makan
Ketika Anda tidur, tubuh menghasilkan hormone gherelin yang berguna untuk mengurangi hilangnya energi yang mengakibatkan Anda merasa lapar.

Tidur kurang dari enam jam akan membuat produksi hormon gherelin semakin meningkat dan membuat Anda merasa selalu lapar. Tetapi bukan berarti Anda dapat makan yang banyak dan tidur sepuasnya agar berat badan turun. Pastikan juga Anda tidak mengkonsumsi makanan berlemak terlalu banyak.

2. Mengurangi Penyimpanan Lemak
Tidur yang cukup atau sekitar 8 jam per hari akan meningkatkan metabolisme karbohidrat yang ada di dalam tubuh. Dengan adanya aktivitas metabolisme dalam tubuh dapat mengurangi penyimpanan lemak. Sedangkan jika Anda kurang tidur dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan produksi hormon insulin yang meningkat sehingga dapat menyebabkan diabetes.

3. Menghilangkan Depresi
Anda mungkin mengalami depresi, tetapi jika Anda memiliki waktu tidur yang cukup, rasa depresi itu akan berkurang. Dalam keadaan stres, tekanan darah dan kadar gula dalam darah akan meningkat. Tetatpi tidur terlalu lama juga tidak baik, karena dampaknya akan membuat Anda menjadi gemuk

Rabu, 13 Juni 2012

Kontaminasi Makanan

Mekanisme Kontaminasi Makanan

Proses terjadinya kontaminasi makanan terutama disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain masih rendahnya pengetahuan dan perilaku penjamah makanan, faktor higiene perorangan penjamah, kebersihan alat makan serta sanitasi lingkungan. Pada umumnya bila terjadi kasus keracunan makanan maka yang dicurigai sebagai penyebab keracunan makanan adalah dari bahan makanan itu sendiri. Keracunan makanan juga dapat disebabkan berbagai faktor seperti terjadinya kontaminasi peralatan makanan, orang, kontaminasi silang, serta karena zat kimia. Sedangkan mekanisme terjadinya kontaminasi makanan dapat dibedakan berdasarkan tiga macam sumber, antara lain:

Kontaminan fisik: Kontaminan fisik dapat berupa benda-benda asing yang terdapat dalam makanan, yang bukan menjadi bagian dari makanan tersebut. Benda ini merupakan kontaminan fisik yang selain menurunkan nilai estetis makanan juga dapat menimbulkan luka serius bila tertelan, seperti kerikil, pecahan logam dan lainnya.

Kontaminasi biologis: Kontaminasi biologis merupakan organisme yang hidup dan menimbulkan kontaminan makanan. Organisme hidup yang sering menjadi kontaminan atau pencemar bervariasi mulai yang berukuran besar seperti serangga, sampai yang amat kecil seperti mikroorganisme. Mikroorganisme adalah bahan pencemar yang harus diwaspadai, karena keberadaannya di dalam makanan sering tidak disadari, sampai menimbulkan akibat-akibat yang tidak diinginkan, misalnya kerusakan makanan atau keracunan makanan. Jenis mikroorganisme yang sering menyebabkan pencemaran makanan adalah bakteri (Clostridium perfringens, Streptokoki fecal, Salmonella), fungi (Aspergillius, Penicillium, Fusarium), parasit (Entamoeba histolytica, Taenia saginata, Trichinella spiralis, dan virus (virus hepatitis A/HAV).

Kontaminan kimiawi: Kontaminasi kimiawi adalah berbagai macam bahan atau unsur kimia yang menimbulkan pencemaran atau kontaminan pada bahan makanan. Unsur kimia ini dapat berada dalam makanan melalui beberapa cara seperti terlarutnya lapisan alat pengolah karena digunakan untuk mengolah makanan yang dapat melarutkan zat kimia dalam pelapis, logam yang terakumulasi di dalam produk perairan misalnya kerang atau tanaman yang habitat asalnya tercemar, bahan pembersih atau sanitasi kimia pada pengolah makanan yang tidak bersih pembilasannya atau yang secara tidak sengaja mengkontaminasi makanan karena penyimpanan yang berdekatan.


Terkait dengan penyakit dan keracunan ini, peranan makanan sebagai perantara penyebaran penyakit dan keracunan makanan, antara lain makanan dapat berperan sebagai agent (penyebab), vehichel (pembawa) dan sebagai media:

Sebagai Agent : Pada kasus ini dapat kita ambil contoh tumbuhan maupun binatang yang secara alamiah telah mengandung zat beracun. Agen penyakit infeksi banyak berasal dari binatang dan menularkan kepada manusia lewat makanan, tetapi penularannya masih bisa dengan cara yang lain.

Sebagai Vehicle: Makanan sebagai pembawa penyebab penyakit, seperti bahan kimia atau parasit yang ikut termakan bersama makanan dan juga mikroorganisme yang patogen serta bahan radioaktif. Makanan tersebut tercemar oleh zat-zat yang membahayakan kehidupan. Jadi dalam kategori ini makanan tersebut semula tidak mengandung zatzat yang membahayakan tubuh, tetapi karena satu dan lain hal akhirnya mengandung zat yang membahayakan Kesehatan.

Sebagai Media: Kontaminan yang jumlahnya kecil jika dibiarkan berada dalam makanan dengan suhu dan waktu yang cukup, maka akan tumbuh dan berkembang sehingga menjadi banyak dan dapat menyebabkan wabah yang serius. Penjamah makanan yang menderita sakit atau karier menularkan penyakit yang dideritanya melalui saluran pernapasan, sewaktu batuk atau bersin dan melalui saluran pencernaan, biasanya kuman penyakit mencemari makanan karena terjadi kontak atau bersentuhan dengan tangan yang mengandung kuman penyakit.

Sedangkan penularan penyakit melalui makanan (food borne disease) dapat digolongkan menjadi food infection dan food poisoning.

Food Infection: Food infection adalah masuknya mikroorganisme dalam makanan, berkembang biak sangat banyak dan dimakan orang dimana mikroorganisme tersebut menyebabkan sakit. Jenis-jenis mikroorganisme yang paling sering Salmonella, Shigella, E. coli, Vibrio cholerae, Vibrio parahaemolyticus. Bakteri patogen yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan merupakan penyebab penyakit. Bakteri patogen penyebab penyakit, mempunyai masa inkubasi dan gejala tergantung pada patogenitasnya.

Food Poisoning: Food poisoning adalah bahan makanan yang memang mengandung bahan racun alami maupun makanan diberi zat-zat racun yang mempunyai tujuan komersial maupun nilai-nilai ekonomis, dapat juga disebabkan oleh makanan yang sudah tercemar oleh mikroorganime menghasilkan racun contoh bakteri Staphylococcus. Ada beberapa racun yang dihasilkan adalah eksotoksin dan endotoksin. Eksotoksin yaitu toksin yang disintesis di dalam sel mikroba, kemudian dikeluarkan ke substrat di sekelilingnya. Endotoksin yaitu toksin yang disintesis di dalam sel bakteri dan baru bersifat toksik bila sel mengalami lisis. Eksotoksin yang dihasilkan oleh bakteri biasanya bekerja secara spesifik terhadap tenunan-tenunan atau sel-sel tertentu. Misalnya sel-sel saraf, otot, sel-sel pada saluran pencernaan, dan sebagainya. Beberapa eksotoksin yang dihasilkan oleh bakteri seperti racun botolinum yang bersifat neurotoksin (menyerang sel-sel saraf sehingga menyebabkan kelumpuhan), racun stafilokokus dan racun perfringens yang disebut enterotoksin karena penyerang sel-sel usus dan dapat menyebabkan diare. Endotoksin lebih bersifat tahan terhadap panas dibandingkan dengan eksotoksin.

Refference
  • Sanitasi Makanan dan Minuman pada Institusi Pendidikan Tenaga Sanitasi. Depkes RI: (1988)
  • Purnawijayanti, H.A. (2001) Sanitasi Higiene dan Keselamatan Kerja dalam Pengolahan Makanan. Kanisius: Yogyakarta.

Selasa, 12 Juni 2012

Pencemaran Makanan

Mekanisme Terjadinya Pencemaran Makanan

Makanan sehat yang memenuhi syarat untuk dikonsumsi menjadi tujuan akhir proses pengelolaan makanan. Terkait dengan hal ini, dalam pengelolaan higiene sanitasi makanan penting diperhatikan sgala aspek yang berkaitan, baik orang, tempat, maupun peralatan yang digunakan untuk memasak. Harus dipisahkan antara peralatan yang digunakan mengolah makanan, untuk menyimpan makanan, dan alat yang digunakan untuk penyajian makanan. Kebersihan alat-alat yang digunakan harus terjaga agar tidak terjadi kontaminasi dari alat makan terhadap makanan yang akan disajikan.

Disamping itu, keberadaan bahan material alat makan juga berperan dalam keamanan makanan. Sebagaimana kita ketahui, alat makan yang digunakan dari bahan-bahan logam, plastik, milamin dapat menimbulkan pencemaran terhadap makanan. Kita juga harus perhatikan, bahwa alat makan dapat terkontaminasi oleh bahan-bahan pencemar karena proses pencucian yang tidak baik, perilaku penjamah dalam mengelola kebersihan alat makan, dan kondisi udara di lingkungan penjual makanan yang tidak baik dikarenakan lingkungan tempat penjualan makanan tidak bersih. Makanan mulai dari proses pengolahan sampai siap dihidangkan dapat memungkinkan terjadinya pencemaran oleh mikrobia. Pencemaran mikrobia dalam makanan dapat berasal dari lingkungan, bahan-bahan mentah, air, alat-alat yang digunakan dan manusia yang ada hubungannya dengan proses pembuatan sampai siap disantap.

Salah satu faktor terpenting lain dalam pengolahan makanan yang sehat adalah kebersihan penjamah makanan. Penjamah makanan dalam suatu pengolahan makanan merupakan sumber kontaminasi yang penting, karena kandungan mikroba patogen pada manusia dapat menimbulkan penyakit yang ditularkan melalui makanan. Sumber potensial ini terdapat selama penjamah makanan menangani makanan. Setiap kali tangan pekerja mengadakan kontak dengan bagian-bagian tubuh yang mengandung stafilokoki, maka tangan tersebut akan terkontaminasi, dan segera akan mengkontaminasi makanan dan alat makan yang tersentuh. Hal ini sangat diperkuat bila higiene perorangan tidak bersih dan tidak berperilaku yang baik dalam mengolah makanan maupun dalam pencucian alat dapat menimbulkan kontaminasi terhadap makanan maupun alat makan. Jadi penjamah makanan harus berbadan sehat, mempunyai perilaku hidup bersih dan sehat.

Terkontaminasinya makanan terutama disebabkan oleh berbagai faktor antara lain pengetahuan penjamah makanan masih rendah, terutama perilaku sehat, kebersihan badan penjamah makanan, kebersihan alat makan dan sanitasi lingkungan. Peran penjamah makanan, sanitasi makanan dan sanitasi lingkungan sangat penting dalam penyediaan makanan dan minuman yang memenuhi syarat Kesehatan. Makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri dapat menimbulkan infeksi maupun keracunan makanan bila dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh (Fardiaz, 1997).

Pengertian kontaminasi makanan merupakan sebuah kondisi terdapatnya bahan atau organisme berbahaya dalam makanan. Sedangkan bahan atau organisme disebut kontaminan. Makanan yang terkontaminasi dapat menimbulkan gejala penyakit baik infeksi maupun keracunan. Proses masuknya kontaminan dalam makanan dapat terjadi melalui dua, yaitu kontaminasi langsung dan tidak langsung atau kontaminasi silang. Kontaminasi langsung adalah kontaminasi yang terjadi pada makanan mentah, karena ketidaktahuan atau kelalaian baik disengaja atau tidak disengaja. Misalnya masuknya potongan rambut dalam makanan. Sedangkan kontaminasi silang merupakan kontaminasi yang terjadi secara tidak langsung akibat ketidaktahuan dalam pengelolaan makanan, seperti makanan mentah bersentuhan dengan makanan masak, pakaian atau peralatan kotor (seperti piring, sendok, mangkok, pisau dan talenan).

Refference
  • Higiene dan Sanitasi Pengolahan Pangan. Direktorat Surveilans dan Penyuluhan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya Badan Pengawasan Obat dan Makanan. (2003).
  • Mikrobiologi Pangan. Direktorat Surveilans dan Penyuluhan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya. Badan Pengawasan Obat dan Makanan. (2003)
  • Kumpulan Modul Kursus Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman. Ditjen PPM dan PLP Depkes RI. (2006).

Senin, 11 Juni 2012

Makan Salak Sebabkan Konstipasi

Saya sedang hamil 4 bulan. Sejak bulan kedua hingga sekarang, saya senang sekali makan buah salak. Belakangan, saya sulit buang air besar (konstipasi). BAB saya mengeras dan cukup menyita tenaga untuk mengeluarkannya.

Apakah ini bahaya mengingat saya sedang hamil? Apa benar terlalu sering makan buah salak bisa menyebabkan konstispasi?

dr. Ari Waluyo, SpOG dari Rumah Sakit Bersalin Asih mengatakan, berdasarkan kandungannya, salak mengandung zat tanin yang dapat dipakai sebagai obat anti diare, tetapi juga dapat menyebabkan konstipasi. Konstipasi sendiri pada Bumil merupakan hal yang cukup sering terjadi.

Pada kehamilan, konstipasi dapat disebabkan oleh peningkatan hormon, pemberian suplemen zat besi, kurangnya asupan serat dan air, kurangnya aktivitas si Ibu, serta kebiasaan menunda buang air besar.

Bila terjadi konstipasi, hal yang paling mengganggu adalah ketidaknyamanan yang dirasakan oleh si Ibu.


Jangan Buang Kulit Arinya


Buah salak sendiri efeknya tidak selalu sama bagi setiap Bumil. Jika Moms mengonsumsi salak dan mengalami sembelit (konstipasi) sebaiknya hindari salak atau makan secukupnya saja. Saat memakannya, jangan membuang kulit ari buah salak yang kaya serat.

Salak yang rasanya sepat/kelat adalah yang kaya akan zat tanin. Salak sepat inilah yang justru lebih sering menyebabkan konstipasi dibanding dengan yang rasanya manis.

Cegah Konstipasi


Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah konstipasi seperti:
1. Minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari.
2. Makan sayur dan buah yang kaya serat seperti pepaya, pisang, apel dan lainnya.
3. Tetap aktif dan tidak menunda buang air besar.
4. Ketika BAB sebaiknya jangan mengejan terlalu kuat.
5. Hindari makanan pedas dan berminyak.
6. Hati-hati terhadap makanan yang mengandung zat besi yang tidak diolah khusus, karena bisa jadi justru merangsang ambeien.
7. Lakukan senam hamil secara rutin, untuk mengatur napas ketika bersalin nanti dan dapat mengurangi ambeien (jika memang sudah ada ambeien).

Gejala Konstipasi:

1. Sulit buang air besar (BAB), bisa jadi lebih dari 3 hingga 4 hari tidak BAB.
2. Fases menjadi keras.
3. BAB kurang atau tidak tuntas sama sekali.
4. Ketika BAB perlu mengeluarkan tenaga yang ekstra.
5. Rektum dapat mengeluarkan darah.
6. Perut terasa penuh, berat atau mulas.

Hindari Sembarang Obat


Efek dari feses yang keras maka Bumil akan mengejan untuk mengeluarkan feses. Akhirnya, rektum (organ terakhir dari usus besar) membengkak dan berdarah akibat pecahnya pembuluh darah di anus.

Untuk mengatasi konstipasi, BuMil tidak disarankan untuk makan sembarangan obat pencahar atau pelancar BAB. Sebab, selain berpotensi mengganggu perkembangan janin, obat pencahar dapat membuat Bumil dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) dan merangsang terjadinya kontraksi.


Label: Salak, Hamil dan Makanan, Konstispasi
Sumber: okezone.com

Makan Berlebih Bisa Terserang Kanker

Mengudap atau ngemil telah berubah menjadi kebiasaan yang umum dan kerap dilakukan banyak orang. Umumnya ngemil sering dilakukan saat menjelang makan malam atau larut malam. Alhasil, tak sedikit yang merasa bersalah usai mengonsumsi makanan favorit mereka. Namun, mengonsumsi makanan berlebih pun dapat memberikan konsekuensi yang merusak kesehatan.

Binge eating berbeda dari ngemil pada umumnya. Binge eating merupakan makan pada suatu periode tertentu, dengan jumlah yang lebih banyak dan lebih cepat daripada orang-orang pada umumnya, hingga pelakunya merasa benar-benar kenyang. 

Gangguan ini tidak hanya kebiasaan makan berlebih, tapi penderita juga tidak mampu mengontrol dan tidak mempunyai daya untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Bahkan mereka menggambarkan makanan sebagai "teman", sehingga berat badan mengalami kenaikan drastis yang berujung pada obesitas.


Beberapa masalah medis yang dapat timbul akibat penyakit ini adalah diabetes tipe 2, osteoarthritis, kolesterol tinggi, hipertensi, penyakit jantung, serta beberapa jenis kanker. Kaum remaja adalah orang yang paling berpotensi menjadi binge eating. Penyakit ini memengaruhi seseorang secara mental dan fisik.

Sebelum Anda khawatir apakah termasuk dalam kategori binge eating, Anda bisa melihat gelaja-gejala binge eating berikut:
-        Makan dalam jumlah besar ketika tidak lapar
-        Makan sendiri untuk mengatasi emosi
-        Merasa bersalah, marah, atau malu setelah makan berlebihan
-        Makan jauh lebih cepat dari biasanya
-        Makan sampai kenyang

Jika Anda termasuk kategori binge eating, penting untuk mencari bantuan karena tentunya akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan Anda. Konsultasikan terlebih dahulu pada ahli gizi yang dapat memberitahu Anda tentang bagaimana mengonsumsi makanan yang sehat dan bisa membantu menekan keinginan Anda untuk makan.

Jika rasa ingin makan Anda tidak terlalu besar, ada baiknya tetap mengikuti pola makan sehari-hari. Makanlah 5-6 dalam porsi kecil dalam satu hari. Ini berfungsi menghentikan rasa lapar dan menekan nafsu makan Anda. Makan sesering mungkin akan juga mencegah Anda dari kebiasaan makan berlebihan. Ketika Anda merasa perlu untuk kudapan, Anda bisa mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran.

Hindarilah junk food atau permen dan makanan lain yang biasanya Anda konsumsi. Sering kali ketika kita berpikir kita lapar, padahal sebenarnya kita hanya haus. Bawalah sebotol air setiap Anda bepergian, karena ini bisa membantu Anda untuk menekan nafsu makan Anda. Air tidak hanya baik untuk Anda, tetapi juga membuat hidup Anda lebih sehat.


Sumber: okezone.com

Makan Almond Cegah Diabetes & Jantung

Rutin mengonsumsi almond ternyata bisa membantu mencegah diabetes dan penyakit jantung. Begitu menurut sebuah penelitian terbaru. Kok bisa?

Para peneliti menemukan, bahwa memasukkan kacang ke dalam makanan kita dapat membantu mengobati diabetes tipe 2, yang menyumbang 90 sampai 95 persen dari semua kasus. Serta memerangi kondisi terkait dengan obesitas dan kurangnya aktivitas fisik.

Makan almond juga bisa mengatasi penyakit jantung. Demikian menurut laporan yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition, yang dikutip dari Daily Mail, Kamis (30/12/2010).

Penderita diabetes memiliki kekurangan insulin atau penurunan kemampuan untuk menggunakan hormon yang memungkinkan glukosa untuk masuk sel dan diubah menjadi energi.


Bila diabetes tidak terkontrol, glukosa dan lemak tetap dalam darah, dan dari waktu ke waktu kerusakan organ vital tak terelakkan.

Studi ini menemukan, bahwa diet kaya almond dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh pengidap pra-diabetes, kondisi di mana orang memiliki kadar glukosa darah yang lebih tinggi dari normal tetapi tidak cukup tinggi harus diklasifikasikan sebagai diabetes.

Penelitian dilakukan di Universitas Kedokteran dan Kedokteran Gigi New Jersey yang melihat efek dari mengonsumsi diet almond dapat memperkaya 65 orang dewasa dengan kondisi pra-diabetes.

Kelompok yang diperkaya dengan diet almond menunjukkan peningkatan lebih besar dalam sensitivitas insulin dan penurunan yang signifikan pada LDL-kolesterol dibandingkan dengan kelompok bebas kacang.

Peneliti utama Dr Michelle Wien berkata, "Ini menjanjikan bagi mereka dengan faktor risiko untuk penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular bahwa perubahan diet dapat membantu untuk meningkatkan faktor-faktor yang memainkan peran potensial dalam perkembangan penyakit."

Diperkirakan 55 juta orang di Eropa telah didiagnosa dengan diabetes. Sehingga tak ada salahnya untuk mencoba cara alami ini.


Sumber: okezone.com

Kontrol Kolesterol Cegah Stroke

Melihat masih rendahnya kesadaran atas risiko kolesterol yang terus meningkat seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat, PT Pfizer Indonesia (Pfizer) ingin mengajak masyarakat untuk lebih memahami mengenai kolesterol, dampak serta penanganan dan pencegahannya.

Bertepat pada bulan Ramadan ini, Pfizer mengajak masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup yang seimbang dan sehat selama menjalani ibadah puasa.

Andriani Ganesmwari, Marketing Communication Senior Manager PT Pfizer Indonesia mengatakan, "Sudah menjadi suatu kebiasaan setiap Ramadan, serta saat Idul Fitri kita memiliki kecenderungan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang manis dan bersantan. Selain itu, kita pun cenderung mengurangi aktivitas olah tubuh dengan alasan menyimpan tenaga agar kuat menjalani tugas sehari-hari. Tanpa kita sadari perubahan gaya hidup selama Ramadan dan Idul Fitri ini dapat menimbulkan risiko kolesterol tinggi. Oleh karena itu Pfizer, sebagai salah satu perusahaan yang peduli dan terdepan di sektor kesehatan, mengajak masyarakat mengontrol kolesterolnya dengan cermat selama bulan suci ini agar tidak ada sesal di kemudian hari."

Kolesterol merupakan senyawa lemak kompleks yang 80 persen dihasilkan dalam tubuh, yaitu olah organ hati dan sisanya dari luar tubuh lewat asupan makanan. Kolesterol memiliki beragam fungsi bagi tubuh, antara lain sumber energi, pembentukan dinding sel, dan pembentukan hormon.


Di negara-negara maju dengan konsumsi kolesterol  yang tinggi, seperti Amerika Serikat, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian. Penelitian yang dilakukan American heart Association (AHA) menyatakan bahwa lebih dari 100 juta orang di negara tersebut memiliki kadar kolesterol di atas rata-rata dan 40 juta di antaranya memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi. Kondisi ini menyebabkan angka kematian akibat penyakit jantung dan stroke mencapai 500.000 orang setiap tahunnya.

Data yang dikeluarkan oleh WHO pada 2002 memperlihatkan bahwa hiperkolesterolemia menyebabkan 4,4 juta kematian di dunia. Sebagian besar dari orang yang memiliki sifat hiperkolesterolemia adalah mereka yang mempunyai rata-rata kadar kolesterol cukup tinggi antara 200-250 mg persen.

"Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat meningkatkan risiko serangan jantung koroner. Di beberapa negara maju prevelensi penyakit jantung koroner sebenarnya sudah mulai menunjukkan penurunan beberapa tahun terakhir ini. Tetapi tidak demikian dengan negara berkembang. Pola hidup yang tidak sehat merupakan faktor utama penyebab meningkatnya kasus penyakit jantung koroner yang diakibatkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam darah. Karena itulah, sangat penting bagi masyarakat untuk mulai menyikapi kolesterol dengan bijak sejak dini dan merubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat," ujar spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah, dr Arieska Ann Soenarta SpJP (K).

Data lain yang masih berkaitan dengan penyakit yang disebabkan oleh gangguan kolesterol berasal dari hasil International Stroke Conference (konferensi stroke internasional). Konferensi yang diadakan di Wina, Austria tahun 2008 ini menyatakan, bahwa jumlah pengidap stroke di kawasan Asia terus meningkat.

Stroke juga merupakan penyebab kematian ketiga terbesar di Indonesia saat ini, dan cenderung mengancam usia-usia produktif di bawah 45 tahun.

Bagi masyarakat yang belum memiliki sifat hiperkolesterolemia, risiko gangguan ini dapat dikontrol dengan secara berkesinambungan mengontrol gaya hidup mereka, melalui pola makan dan olahraga. Selain itu, untuk mendeteksi risiko kolesterol yang mungkin dihadapi, masyarakat harus secara rutin melakukan cek kolesterol setidaknya enam bulan sekali.

Deteksi rutin ini dapat membantu masyarakat untuk lebih cepat bertindak dalam mengantisipasi gangguan kolesterol apabila tingkat risiko mereka sudah dinyatakan tinggi.

"Bagi masyarakat yang telah terdeteksi memiliki risiko gangguan kolesterol tinggi, mereka harus segera bertindak dengan cepat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuhnya. Penurunan kadar kolesterol ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan secara teratur, dan tentunya perubahan gaya hidup. Kadar kolesterol juga harus diperiksa secara rutin di laboratorium dan dikonsultasikan dengan dokter," jelas dr Arieska.

Berdasarkan Yayasan Stroke Indonesia, saat ini terdapat kecenderungan meningkatnya jumlah penyandang stroke di Indonesia dalam dasawarsa terakhir. Kecenderungannya menyerang generasi muda yang masih dalam usia produktif. Hal ini akan berdampak terhadap menurunnya tingkat produktivitas, serta dapat mengakibatkan terganggunya sosial ekonomi keluarga.

"Tidak dapat dipungkiri, peningkatan jumlah penderita stroke di Indonesia identik dengan kolesterol yang diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu, kami mendukung ajakan Pfizer kepada masyarakat untuk lebih mengontrol kolesterolnya serta menjalani hidup yang lebih sehat, baik selama Ramadan dan hari raya maupun setelah itu, agar terhindar dari penyakit-penyakit serius seperti stroke," ujar Dr H Sutarto Prodjo Disastro SpS, spesialis penyakit saraf serta Ketua Bidang Humas dan Penyuluhan Yayasan Stroke Indonesia.

Untuk mendukung pola hidup sehat, Pfizer telah mengenalkan konsep 3 Ring Peduli Kolestrol. Langkah ini dilakukan dengan memerhatikan tiga faktor, yaitu asupan makanan, olah tubuh, dan kepatuhan menjalaninya.

"Sejak tahun 2005, Pfizer telah mengenalkan konsep 3 Ring Peduli Kolestrol yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengontrol gaya hidupnya agar terbebas dari gangguan kolesterol. 3 Ring Peduli Kolesterol disusun oleh Pfizer berdasarkan suatu pemahaman terhadap tiga faktor yang perlu diperhatikan dalam penanganan faktor risiko kolesterol yang digambarkan dalam bentuk cincin, yaitu diet (pola makan), exercise (olahraga), dan compliance (kepatuhan)," pungkas Andriani.


Sumber: okezone.com